Skip to main content

Bimbingan Teknis Calon Fasilitator Dikkel Daring Bindikkel

Enrollment in this course is by invitation only

Assalamu ' alaikum Wr. Wb.

Pendidikan keluarga merupakan pendidikan yang pertama dan utama. Kualitas keluarga yang menjalankan peran dan fungsnya dengan baik sangat menentukan kualitas kehudupan bangsa. Kualitas kehidupan bangsa yang baik berperan penting dalam mewujudkan negara yang kuat dan sejahtera. Keluarga merupakan unsur penting dari tiga pusat pendidikan selain sekolah dan masyarakat menurut Ki Hajar Dewantara, namun saat ini masih banyak keluarga yang belum tersiapkan dalam menjalankan peran dan fungsi serta keterlibatan dalam mendidik anaknya.

Pendidikan keluarga terkait peran, fungi dan keterlibatan keluarga dalam pendidikan dipandang sebagai salah satu strategi yang penting untuk diimplementasikan dalam mewujudkan peningkatan kemampuan keluarga dalam mendidik dan mendampingi anaknya menjadi lebih baik. Saat ini selain berbagai hal diatas dalam rangka keselarasan penguatan tiga pusat pendidikan, keluarga juga di tuntut untuk mulai menumbuhkan pendidikan karakter sejak dini, menumbuhkan kompetensi abad 21 dan juga tentunya budaya literasi.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga sejak tahun 2015 sampai saat ini telah melaksanakan pelatihan calon fasilitator pendidikan keluarga secara konvensional sebagai pendidik terdepan bagi keluarga. Namun untuk mengedukasi 43 juta keluarga di Indonesia tentunya tidak cukup hanya mengandalkan fasilitator yang dilatih secara konvensonal.

Saya menyambut baik upaya Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga dalam melaksanakan pelatihan calon fasilitator pendidikan keluarga dalam jaringan dengan harapan dapat menambah jumlah fasilitator pendidikan keluarga yang berkualitas sebagai jawaban dalam memperluas akses pendidikan keluarga.

Pelatihan ini merupakan kerjasama antara Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat dengan Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC).

Akhir kata, Saya berharap bahwa pelatihan ini dapat diterima sebagai rujukan pelatihan calon fasilitator pendidikan keluarga di seluruh Indonesia dan dapat rnemberikan kontribusi yang signifikan pada peningkatan kualitas pendidikan keluarga untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam mernbentuk generasi ernas yang berkarakter dan berbudaya literasi bagi Indonesia.

Terirna kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

  1. Course Number

    PCF_02
  2. Classes Start

    Oct 06, 2019
  3. Classes End

    Dec 30, 2019