Skip to main content

Gizi dan Kesehatan untuk Sekolah Menengah Pertama RECFON

Pendahuluan

Kondisi atau status gizi seorang peserta didik berpengaruh pada performa fisik dan juga akademik. Namun pesan akan pentingnya gizi bagi peserta didik maupun pengetahuan gizi yang benar baru diketahui oleh sebagian kecil siswa dan juga para guru. Remaja, khususnya ditingkat sekolah menengah pertama sangat penting mengetahui pentingnya gizi bagi tubuh mereka. Pada periode ini, remaja mengalami transisi dari fase kanak-kanak ke fase dewasa baik dari segi fisik, biologis maupun psikis. Dengan karakteristik unik ini, berbagai permasalahan gizi dan kesehatan kerap muncul di kalangan remaja seperti anemia, kurus, obesitas juga kebiasaan merokok yang mulai muncul, tidak terlepas dari fase pertumbuhan psikis remaja yang sedang terjadi.

Dalam perkembangannya, remaja sangat memerlukan figure dimana salah satunya adalah guru. Guru kemudian memainkan peran yang sangat penting, tidak hanya di dalam tetapi juga di luar kelas. Pendidikan gizi yang diberikan oleh guru baik didalam maupun diluar kelas, diharapkan dapat membumi dikalangan peserta didik dan membentuk kebiasaan sehat peserta didik yang lebih jauh berkontribusi pada membaiknya status gizi kearah ideal.Pesan gizi cukup fleksibel untuk disampaikan dalam berbagai jenis mata pelajaran melalui metode pembelajaran interaktif.

Buku ajar pegangan guru SMP dan kumpulan rencana ajar dibuat untuk mengisi celah bagaimana pesan gizi dapat disampaikan dengan cara aktif dan menyenangkan. Teraplikasinya program ini secara luas diharapkan dapat meningkatkan performa anak di sekolah dan lebih jauh meningkatkan kualitas remaja Indonesia. Tujuan utama pembangunan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, dapat dimulai dari pendidikan gizi di sekolah.

Persyaratan

  1. Terdaftar dalam list sekolah rujukan dari Kemendikbud atau terdaftar dalam list sekolah di wilayah binaan SEAMEO RECFON
  2. Memiliki surat tugas untuk mengikuti pelatihan
  3. Berkomitmen untuk mengikuti training secara penuh yang dituangkan dalam surat pernyataan dari calon peserta
  4. Mengikuti sesi pra pelatihan
  5. Menguasai Program Windows dan Aplikasi Office
  6. Memiliki perangkat (laptop/PC/smartphone) yang terkoneksi dengan internet 512 Kbps
  7. Memiliki web cam yang terintegrasi dengan perangkat
  8. Memiliki head set

Trainer

Course Staff Image #1

Dr. Ir. Judhiastuty Februhartanty, MSc

SEAMEO RECFON

Course Staff Image #2

Dr. Ir. D. N. Iswarawanti, MSc

SEAMEO RECFON

Course Staff Image #2

Evi Ermayani, S.Hut, M.Gz

SEAMEO RECFON

  1. Course Number

    RECSEA_002
  2. Classes Start

    Oct 03, 2017
  3. Classes End

    Dec 09, 2017
  4. Estimated Effort

    02:00
Enroll