Skip to main content

Kuliner Indonesia SEAMEO

Judul Training  : Kuliner Indonesia Online

Instruktur         : Jhoenathan

Institution         : Sikamali' Catering

Tugas Akhir     : Presentasi video masakan dan hasil penjualan.

Produk             : Kuliner Indonesia

Tujuan             : Menciptakan pengusaha yang bergerak di bidang kuliner

Sasaran          : Ibu rumah tangga,Mahasiswa,dan Pengusaha bisnis kuliner

 

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keanekaragaman budaya, bahasa, dan tentunya kuliner. Terlepas dari perbedaan yang sangat beragam, bangsa Indonesia mempunyai kesamaan dalam tata cara makan. Nasi merupakan makanan pokok hampir di seluruh kepulauan Indonesia kecuali di Ambon dan Irian Jaya di mana penduduk di kedua daerah tersebut mengkonsumsi sagu dan ubi jalar sebagai makanan utama.

Tiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing yang resepnya diperoleh turun temurun dari dulu, seperti Palembang dengan Pempek,Jakarta yang terkenal dengan Kerak telor, Jogja dengan Gudegnya, dan juga Padang yang terkenal dengan berbagai masakan khasnya seperti Rendang, Sate Padang dll .

Berbicara tentang kuliner khas Indonesia, pasti ada orang-orang yang membuka usaha di bidang Kuliner khas Indonesia, baik dalam bentuk restoran, rumah makan,kedai, dan bahkan menggunakan gerobak. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman maka munculah usaha yang menyediakan masakan-masakan dari luar negeri seperti steak, sushi, kebab, pizza dll yang mana menjadi pesaing para pengusaha kuliner khas Indonesia. Lalu munculah pertanyaan bagaimana cara mempertahankan usaha kuliner khas indonesia agar tetap bertahan tidak tergeser oleh kuliner modern ?

Yang pertama adalah dengan mempertahankan ciri khas dari kuliner daerah yang ditawarkan. Misalnya untuk usaha seperti Mie Jawa, pastikan menggunakan mie kuning lebar buatan sendiri daripada mie yang telah beredar di pasaran agar cita rasa lebih terjaga. Itulah yang justru membuat konsumen tertarik dan ingin mengkonsumsinya.

Yang kedua dengan melakukan promosi untuk menjaring kosumen. Promosi dapat dilakukan dengan memanfaatkan social media, hingga melalui paguyuban/perkumpulan masyarakat daerah yang banyak terdapat di kota-kota besar. Saat ini sudah banyak kuliner daerah yang dipromosikan melalui social media, dan popularitasnya pun terus menanjak dari mulut ke mulut konsumen yang telah mencoba.

Yang terakhir ada juga dengan cara Menjaring konsumen baru, dengan latar belakang budaya yang berbeda memang merupakan salah satu tantangan bagi pengusaha kuliner daerah. Para pengusaha harus cermat memilih jenis yang ditawarkan kepada konsumen dari masyarakat sekitarnya, karena belum tentu cita rasa dari produk mereka cocok dengan selera masyarakat. Oleh karena itu perlu sedikit trik agar pengusaha dapat menjaring konsumen baru. Misalnya dengan cara melakukan improvisasi bahan-bahan makanan yang digunakan tanpa mengubah ciri aslinya, agar lebih diterima masyarakat. Alternatif lain bisa juga dengan menyajikan makanan daerah yang diberi nuansa dan bumbu khas yang disukai masyarakat lokal.

  1. Course Number

    SEA_KI01
  2. Classes Start

    Jun 06, 2017
  3. Classes End

    Jun 06, 2020
Enroll