Skip to main content

SIMKOMDIG: Visualisasi Konsep - Simulasi Visual SEAMOLEC

SIMKOMDIG / Simulasi Digital adalah mata pelajaran tentang Upaya mengomunikasikan gagasan atau konsep melalui Presentasi Digital. Salah satu kompetensinya adalah VISUALISASI KONSEP yang merupakan produksi konten dengan format video dan animasi. VISUALISASI KONSEP berisi mengenai konsep ilustrasi yang menjelaskan simulasi cara kerja produk, keunggulan produk, dan pemasaran sebuah produk. Kompetensi ini diharapkan akan melengkapi keahlian siswa SMK dalam mempresentasikan produk dan jasa. 

Manusia memiliki naluri untuk menyampaikan gagasan dalam bentuk visual.  Sejarah telah membuktikan bahwa manusia lebih dahulu mengenal simbol atau gambar untuk mengomunikasikan gagasan kepada orang lain. Hal ini membukti-kan bahwa manusia merupakan makhluk yang lebih cepat mencerna makna visual daripada bentuk teks. Perkembangan teknologi media  saat ini telah mengubah cara menyampaikan gagasan visual menjadi sangat menarik yang dapat disebarluaskan. Presentasi visualisasi konsep produk dalam dunia kerja dikenal dengan Explainer Animation.

Dalam penyajian konten video, penyampaian idé secara visual meliputi bentuk 2D dan 3D. Bentuk informasi 2D statis (tidak bergerak) disebut dengan infografik, sedangkan informasi dinamis (bergerak) berbentuk animasi teks dan gambar disebut dengan motion graphic. 

Langkah perancangan Visualisasi Konsep Produk, meliputi:

1. Observasi 

mengenali permasalahan atau kebutuhan dari pengguna/konsumen

2. Brainstorming 

diskusi untuk memecahkan masalah, menggali ide dan solusi atas permasalahan konsumen.

3. Merancang Narasi/ Script 

Merupakan elemen paling penting untuk penjelasan produk yang meliputi penyederhanaan informasi, penyusunan kalimat persuasi untuk mendorong konsumen agar tertarik terhadap     produk yang dipresentasikan.

4. Membuat Storyboard

Storyboard adalah sketsa gambar berbentuk panel kotak yang disusun berurutan sesuai dengan rangkaian jalan cerita. Storyboard memberikan gambaran alur konsep visualisasi produk. 

5. Mengambil gambar (shooting)

Lakukan proses perekaman stok video sesuai konsep yang dirancang dalam alur storyboard

6. Membuat Ilustrasi 3D (Modelling dan animate)

Apabila produk yang dijelaskan masih berbentuk konsep atau prototype, lakukan proses pemodelan 3D sehingga penonton dapat mengetahui ilustrasi model produk yang akan dipasarkan.  

7. Editing (proses komposisi elemen video)

Proses editing merupakan pengabungan video, animasi, teks dan audio.

Apa saja Contoh Penerapan Video Visualisasi Konsep ?

  • Video visualisasi arsitektur
  • Video visualisasi otomotif
  • Video visualisasi elektronik
  • Video visualisasi promosi pariwisata
  • Video visualisasi promosi jasa boga
  • Video presentasi konsep produk pada platform Kicstarter 

Kickstarter merupakan platform penggalangan dana untuk mewujudkan sebuah gagasan proyek. Pihak yang ingin mewujudkan proyek tertentu bisa memasang video visualisasi konsep produk dan kata pengantar yang menjelaskan deskripsi, tujuan dan keunggulan produk dari proyek tersebut.

Demikian semoga materi ini bermanfaat bagi guru dan siswa khususnya SMK dalam membekali lulusannya yang tidak hanya ahli dalam merancang produk, tetapi juga dapat mempresentasikan produknya dengan baik melalui media video. 

CATATAN:

Dalam mempelajari tutorial ini silahkan unduh file latihan: https://goo.gl/SzBeK9

Tutorial ini menggunakan sofware blender, silakan mengunduh aplikasi dalam situs resmi  blender: https://goo.gl/Pb7p2s 

sebelum instalasi sesuaikan dengan sistem tipe komputer anda.

  1. Course Number

    SIMKOMDIG01
  2. Classes Start

    Nov 17, 2017
Enroll