Skip to main content

Pembelajaran Resolusi Konflik SMAN3BDG

Tentang Kursus Ini

Kursus Resolusi Konflik ini membantu Anda menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Pernahkah Anda bertengkar dengan teman? Keluarga? Saudara? Rekan kerja? Apakah pertengkaran itu membuat hubungan Anda menjadi tidak harmonis? Tanpa Anda sadari, pertengkaran itu ternyata bisa dijadikan suatu hal yang menyenangkan dan nyatanya bisa membangun hubungan Anda dengan rekan Anda agar menjadi lebih baik. Ada trik-trik dan ilmunya agar konflik itu tidak lantas menghancurkan hidup Anda.

Dipandu oleh para ahli di bidang Resolusi Konflik, kursus ini diharapkan mampu memberikan cahaya bagi kehidupan bangsa Indonesia. Dengan kemampuan resolusi konflik yang handal, di masa depan, Indonesia akan menjadi negara yang aman, tenteram, dan damai.

Kursus ini berhasil terselenggara berkat bantuan Dana Hibah Penelitian Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) 4.0 yang diadakan oleh SEAMEO SEAMOLEC tahun pendanaan 2019.

Prasyarat

Kursus ini terbuka untuk umum, baik remaja yang masih duduk di bangku persekolahan maupun khalayak umum. Satu-satunya prasyarat kursus ini adalah kesediaan untuk mengikuti kegiatan kursus sampai selesai.

Para Pakar

Prof. Dr. Elly Malihah, M.Si.

Prof. Dr. Elly Malihah, M.Si.

Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia

Prof. Dr. Elly Malihah, M.Si., akrab disapa Prof. Elly, adalah ahli resolusi konflik yang juga merupakan Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia. Pembawaan khas Prof. Elly yang arif dan bijak serta mau mendengarkan orang lain memenangkan Prof. Elly di hati siapapun yang mengenalnya. Sehari-hari, Prof. Elly beraktivitas di Universitas Pendidikan Indonesia, mengabdi sebagai dosen dan guru besar. Prof. Elly juga aktif dalam dunia penelitian dan publikasi artikel ilmiah, khususnya di bidang resolusi konflik.

Dr. Ida Rohayani, S.Pd., M.Pd.

Dr. Ida Rohayani, S.Pd., M.Pd.

Pakar Resolusi Konflik dari SMA Negeri 3 Bandung

Dr. Ida Rohayani, S.Pd., M.Pd. atau akrab disapa Ibu Ida adalah pakar resolusi konflik dari SMA Negeri 3 Bandung. Beliau memperoleh gelar S3 (Doktor) dari Universitas Pendidikan Indonesia dengan yudisium Cum Laude. Dedikasi dan pengabdiannya di dunia pendidikan adalah suatu hal yang menginspirasi. Disertasinya menjadi topik hangat tersendiri karena berhasil mengangkat metode-metode unik dan kreatif Resolusi Konflik sehingga konflik bisa dibuat menjadi menyenangkan dan membangun.

Pertanyaan Umum

Untuk ikut kursus ini, ada biaya yang harus dibayarkan?

Tidak. Untuk mengikuti kursus ini, Anda tidak dikenakan biaya tambahan apa-apa.

Nanti saya akan belajar apa?

Di kursus ini, Anda akan belajar bagaimana caranya Anda bisa mengelola konflik sehingga ketika Anda mengalami konflik, hidup anda tidak lantas dihancurkan karena konflik itu. Kita akan buat konflik yang Anda hadapi dalam hidup menjadi suatu hal yang menyenangkan dan membangun.

Media apa yang akan digunakan saat belajar?

Akan ada lima video yang akan Anda saksikan. Masing-masing video itu berisikan pakar resolusi konflik menerangkan materinya, dilengkapi dengan animasi, video fenomena, bahkan suatu kisah yang bisa kita jadikan bahan kajian. Selain itu, Anda juga akan mengisi kuis di awal dan akhir video, serta di awal dan akhir kuis.

(Pelajar) Ini akan memengaruhi nilai saya?

Secara akademik, keikutsertaan Anda di kursus ini tidak akan memengaruhi nilai akademik. Tapi, Anda akan memiliki keterampilan untuk mengelola konflik menjadi suatu hal yang menyenangkan dan membangun.

Berapa lama masing-masing video?

Satu video tidak lebih lama dari 5 menit, kecuali video ke-4 dan ke-5 (sekitar 11 dan 20 menit).

Berapa lama harus saya selesaikan kursusnya?

Pada prinsipnya, kursus ini didesain untuk bisa diikuti oleh siapapun, di manapun dan kapanpun. Artinya, tidak ada tuntutan kapan Anda harus memulai dan menyelesaikan kursusnya. Anda bisa menyelesaikan kursus ini sesuai dengan ketersediaan waktu yang Anda miliki.

PERHATIAN Khusus untuk siswa-siswi SMA yang sekolahnya disosialisasikan mengenai program ini, kursus ini harus diselesaikan paling lambat tanggal 5 Juni 2019.

Ada Ice Breaking dalam video?

Kebetulan di dalam video-video di kursus ini tidak ada adegan memecahkan balok es.

  1. Course Number

    3BDG
  2. Classes Start

    May 19, 2019
  3. Classes End

    Jun 05, 2019
  4. Estimated Effort

    01:00
Enroll